Home » Kliping » Sejarah Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur

Written By Unknown on Jumat, 26 April 2013 | 05.06



 
 
 
 
Candi Borobudur merupakan candi BUddha terbesar di dunia. Walaupun sudah bukan merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Candi Borobudur tetap menarik minat wisatawan, baik wisatawan domestik.  maupun wisatawa dari luar negeri untuk mengunjungi Candi Borobudur ini.
 
Berikut ini adalah sejarah Candi Borobudur:
 
Borobudur dibangun oleh Samaratungga, seorang raja kerajaan Mataram Kuno yang juga keturunan dari Wangsa Syailendra pada abad ke-8. Keberadaan Candi Borobudur ini pertama kali terungkap oleh Sir Thomas Stanford Rafles pada tahun 1814. Pada saat itu, Candi Borobudur ditemukan dalam kondisi hancur dan terpendam di dalam tanah. Candi yang terdiri dari 10 tingkat ini sebenarnya memiliki tinggi keseluruhan 42 meter. Namun setelah dilakukan restorasi, tinggi keseluruhan candi ini hanya mencapai 34,5 meter dengan luas bangunan candi secara keseluruhan 123 x 123 meter (15.129 m2). Setiap tingkat pada Candi Borobudur ini dari lantai pertama sampai lanyai enam memiliki bentuk persegi, sedangkan mulai dari lantai ke tujuh sampai lantai ke  sepuluh berbentuk bulat.
 
Candi Borobudur adalah  candi Buddha terbesar pada abad ke-9. Menurut Prasasti Kayumwungan, terungkap bahwa Candi Borobudur selesai dibangun pada 26 Mei 824, atau hampir 100 tahun sejak mulai awal dibangun. Konon nama Borobudur berarti sebuah gunung yang berteras - teras atau biasa juga disebut dengan budhara. Namun ada juga yang mengatakan bahwa Borobudur berarti biara yang terletak di tempat yang tinggi.  
 
Beberapa ahli mengungkapkan bahwa posisi Candi Borobudur berada pada ketinggian 235 meter diatas permukaan laut. Ini berdasarkan studi dari para ahli Geologi yang mampu membuktikan bahwa Candi Borobudur pada saat itu adalah sebuah kawasan danau yang besar sehingga sebagian besar desa-desa yang berada di sekitar Candi Borobudur berada pada ketinggian yang sama, termasuk Candi Pawon dan Candi Mendut.
 
Berdasarkan Prasasti tanggal 842 AD, seorang sejarawan Casparis menyatakan bahwa Borobudur merupakan salah satu tempat untuk berdoa. Dimana dalam prasasi tersebut mengandung kata "Kawulan i Bhumi Sambhara" yang berarti asal kesucian dan Bhumi Sambara merupakan nama sebuah sudut di Candi Borobudur tersebut. Setiap lantai pada Candi Borobudur ini mengandung tema yang berbeda - beda karena pada setiap tingkat tersebut melambangkan tahapan kehidupan manusia. Hal ini sesuai dengan ajaran Buddha Mahayana bahwa setiap orang yang ingin mencapai tingkat kesempurnaan sebagai Buddha harus melalui setiap tingkatan kehidupan. Pada setiap lantai di Candi Borobudur terdapat relief - relief yang bila dibaca dengan runtut akan membawa kita memutari Candi Borobudur searah dengan jarum jam.
VIDEO

Video penjelasan profil candi Borobudur

Dalam video ini akan diperlihatkan dan dijelaskan mengenai profil dari Candi Borobudur
(indahf/Carapedia)
PENCARIAN TERBARU

Pencarian terbaru (100)

Sejarah candi borobudur. Sejarah borobudur. Deskripsi candi borobudur. Cerita borobudur. Pengertian candi borobudur. Cerita sejarah candi borobudur. Sejarah candi.
Makalah candi borobudur. Cerita candi borobudur. Artikel candi borobudur. Sejarah tentang candi borobudur. Candi borobudur sejarah. Candi borobudur. Gambar candi borobudur.
Kliping sejarah. Profil candi borobudur. Sejara candi borobudur. Candi borobudur dan keterangannya. Keterangan candi borobudur. Cerita legenda candi borobudur. Pengertian borobudur.
Deskripsi borobudur. Kliping candi borobudur. Kisah candi borobudur. Pengetahuan tentang candi borobudur. Sejarah borobudur candi. Cerita tentang candi borobudur. Sejarah candi brobudur.
Cerita ilmu pengetahuan. Deskripsi tentang candi borobudur. Candi borobudur dan penjelasannya. Karya tulis candi borobudur. Sejarah candi borobudur dan prambanan. Cerita tentang borobudur. Biografi candi borobudur.
Keterangan tentang candi borobudur. Lokasi candi borobudur. Gambar candi borobudur dan keterangan. Riwayat candi borobudur. Penjelasan candi borobudur. Definisi candi borobudur. Keistimewaan candi borobudur.
Mitos candi borobudur. Pengertian candi. Asal candi borobudur. Tema candi borobudur. Macam macam candi dan penjelasannya. Contoh deskripsi candi borobudur. Makalah sejarah candi borobudur.
Cerita sejarah borobudur. Sejarah candi borobudor. Legenda candi. Sejara borobudur. Sejarahcandi borobudur. Penjelasan tentang candi borobudur. Makalah tentang sejarah candi borobudur.
Candi borobudur dan sejarahnya. Makalah tentang candi borobudur. Http://carapedia.com/sejarah_candi_borobudur_info2438.html. Gambar candi borobudur dan sejarahnya. Kliping sejarah candi borobudur. Cerita asal usul candi borobudur. Kliping sejarah candi.
Cerita tentang sejarah candi borobudur. Gambar candi borobudur dan penjelasannya. Rangkuman candi borobudur. Makalah borobudur. Macam macam candi dan keterangannya. Makna candi borobudur. Biografi borobudur.
Pengertian candi borobudur menurut para ahli. Mendeskripsikan candi borobudur. Pembuat candi borobudur. Gambar dan keterangan candi borobudur. Gambar candi borobudur dan keterangannya. Candi borobudur beserta keterangannya. Perbedaan candi borobudur dengan candi prambanan.
Sejarah candi borubudur. Sejarah borobudor. Contoh makalah sejarah candi borobudur. Profile candi borobudur. Sejarh candi borobudur. Sejarah candiborobudur. Sejarah candi boro budur.
Pengertian tentang candi borobudur. Cerita relief candi borobudur. Gambar candi borobudur dan prambanan. Diskripsi candi borobudur. Cerita kisah candi borobudur. Kisah borobudur. Rangkuman sejarah candi borobudur.
Sejarah adanya candi borobudur. Definisi borobudur. Kliping borobudur. Penjelasan borobudur. Contoh gambar candi dan penjelasan. Asal usul candi borobudur. Borobudur sejarah.
Sejarah candi borobudur beserta gambarnya. Pengertian sejarah candi borobudur.
Share this article :

1 komentar:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus

Teruslah hidup demi mencapai suatu tujuan

Teruslah hidup demi mencapai suatu tujuan
 
Support : | Rizal Pribadi |
Proudly powered by Blogger
Jangan Berubah. SINGA PATROMAN -
Template Design by Published by #