Home » Artikel » TEORI SASTRA

TEORI SASTRA

Written By Unknown on Kamis, 25 April 2013 | 23.52


Beberapa teori psikologi yang digunakan untuk menganalisis suatu karya sastra, yaitu :
1.      Teori psikoanalisis
Merupakan cabang ilmu yang dikembangkan
 Sigmund Freud, sebagai studi fungsidan perilaku psikologis manusia.Menurut Freud, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkat kesadaran, yakni sadar (consciousness), ambang sadar (preconsciousness), dan tak sadar (unconsciousness). Aliran psikoanalisis Freud merujuk pada suatu jenis perlakuan dimana orang yangdianalisis mengungkapkan secara verbal, termasuk asosiasi bebas, khayalan danmimpi, yang menjadi sumber bagi seorang penganalisis merumuskan konflik tidak sadar yang menyebabkan gejala yang dirasakan dan permasalahan karakter pada pasien, lalu kemudian menginterpretasikannya bagi pasien untuk menghasilkan pemahaman diri untuk pemecahan masalahnya. Freud membagi wujud psikis manusia menjadi tiga wilayah, yakni:
a.       Id : berada dalam wilayah tidak sadar (unconsciousness) Merupakan wilayah tampungan dari desakan libido. Libido, maksudnya adalah dorongan kuat jiwa bawah sadar yang bersumber dari pleasure principle.
b.      Ego: berada dalam wilayah sadar (consciousness). Merupakan komponen psikologis yang bekerja melalui prinsip realita. Disamping itu juga merupakan jembatan antara Id dan Superego. Disini, libido  mengalami hambatan untuk dipenuhi karena ego mengendalikan reality principle yang bersifat represif.
c.       Superego: berada dalam wilayah ambang sadar (preconsciousness) Mengendalikan morality principle, yakni seperangkat aturan sosial, keagamaan, tatacara, hukum yang harus dipaksakan untuk dijalankan.

2.      Teori psikologi analitik 
Sebelumnya Carl Gustav Jung merupakan pengikut Sigmund Freud, namun akhirnya memisahkan diri dari Freud karena melulu mengkaitkan aspek kehidupan manusia itudengan seksualitas. Dan yang untuk membedakan teori Jung ini, beliau memasukkanunsur religiusitas.Teori psikologi Jung yang berbeda dengan Freud adalah :
a.       Persona (topeng), merupakan alat komunikasi dengan dunia luar dan bisa berubah-ubah sesuai dengan peran yang dimainkan. Tujuannya adalah untuk menciptakankesan tertentu pada orang lain.
b.      Shadow (bayangan) terdiri dari karakter-karakter kepribadian yang bukan bagiandari kebiasaan seseorang, serta juga merupakan konsep yang membicarakan tentangkepemilikan, yakni tentang sisi gelap dan terang.Dikatakan sisi terang, apabila shadow yang ditiru oleh seseorang yang segender,misalnya anak perempuan meniru ibunya, tentara meniru sikap pemimpinnya.Sebaliknya, dikatakan sisi gelap, apabila shadow ditekan di alam bawah sadar (tidak ingin dimunculkan)
c.       Anima dan  Animus. Anima adalah unsur perempuan yang ada pada laki-laki, sedangkan animus adalah unsur laki-laki yang ada pada perempuan. Contoh anima : Leonardo Da Vinci melukis monalisa, merupakan bukti bahwa ada unsur anima dalam diri Da Vinci. Contoh animus : Mitha the Virgin, penyanyi perempuan Indonesia yang berdandan seperti laki-laki. Adler juga memperkenalkan tentang unsur superior dan inferior, yang lebih dikenal,  Adler complex. Dikatakan superior complex, bila seseorang menganggap dirinya super dibandingkanyang lainnya, sedangkan bila seseorang menganggap dirinya tidak lebih hebat dariyang lain, maka disebut inferior complex.

3.      Teori psikologi eksistensialisme
Merupakan gabungan ilmu psikologi dan falsafat eksistensialisme, pencetusnya adalah Victor E. Frankl. Menurut Frankl, keinginan tidak lebih kuat untuk membuathidup lebih bermakna (will tomeaning), tidak bermakna berarti mengalami kekosongan, disebut eksistensialime vakum. Frankl memfokuskan masalah psikis pada neurosis, yang berfokus pada spiritualitas, baik itu yang berkaitan dengankeagamaan maupun tidak.Metode terapi Frankl , yakni sebagai berikut:a. Derefleksi, adalah cara yang digunakan untuk mengobati penderita phobia dengancara mematahkan siklus dari makna suatu hal yang ditakuti itu. b. Proyeksi, adalah terapi dengan cara menggambarkan keadaan diluar, dengan tujuanmembuat si pasien merefleksikan kembali keadaanya dengan keadaan yang di luar.c. Intensive paradoxical, terapi dengan cara menantang si pasien melakukan hal yangtadinya akan dilakukan. Misalnya, pada orang yang mengancam bunuh diri.

4.      Teori psikologi humanistik 
Psikologi humanistik mencoba untuk melihat kehidupan manusia sebagaimanamanusia melihat kehidupan mereka. Teori ini dipelopori oleh Abraham Maslow, dan Carl Rogers adalah salah satu pembesar teori ini.Menurut Maslow, aktualisasi diri merupakan hal yang penting karena manusia akan berusaha untuk mengaktualisasikan diri mereka sendiri. Sedangkan menurut Rogers, konsep diri merupakan hal penting dalam kepribadian, karena mencakup aspek  pemikiran, perasaan, serta keyakinan yang disadari oleh seseorang. Maslow menggunakan istilah kongruensi dan inkongruensi. Dikatakan kongruensi, bila konsepdiri sesuai dengan kenyataan, sementara inkongruensi bila konsep diri tidak sesuaidengan kenyataan yang ada. Misalnya, seseorang yang menganggap dirinya adalahorang jujur, maka akan sangat bertolak belakang pada saat dia harus berbohong padaatasannya karena sering terlambat ke kantor.Disamping teori-teori psikologi diatas, ada beberapa teori yang juga dapat digunakanuntuk menganalisa sebuah karya sastra.

5.      Teori formalism
Teori ini menolak peranan karya sastra yang semata-mata dianggap sebagai saranayang memberi hakikat kebudayaan secara luas. Formalisme merupakan bentuk linguistik yang sastra, yang fokus pada bentuk karya sastra itu sendiri. Konsep defa miliarisasi dan deotomatisasi merupakan konsep yang diajarkan oleh Victor Shlovsky, sedangkan konsep fabula (cerita), sjuzet (plot) diajarkan oleh Boris Tomashevsky. Formalisme tidak membahas tentang penulis dan pembaca karena akanmembuat karya sastra menjadi tidak ilmiah untuk dibahas.

6.      Teori strukturalisme
Merupakan aliran ilmu dan kritik yang memusatkan perhatian pada relasi antar unsur.Strukturalis naratif dipelopori oleh Juan Greimas.Ia mengajukan tiga pasangkomposional, yakni:
a.               Subjek dan objek Subjek sebagai individu sedangkan objek adalah hal yang ingin diperoleh oleh subjek. 
b.              Pengirim dan penerima Pengirim adalah kekuatan yang mendorong subjek untuk mendapatkan objek,sementara penerima adalah tujuan dari tindakan subjek dalam memperoleh objek.
c.               Pendukung dan penentang Pendukung adalah kekuatan yang membantu tindakan subjek untuk mendapatkanobjek, sedangkan penentang merupakan kekuatan yang menghalangi subjek untuk mendapatkan objek. Dalam teori ini, Ferdinand De Saussure menyatakan ada sistemyang tidak terpisahkan yaitu  signifier (penanda) dan signified  (ditandai).

7.      Teori Marxisme
Pemikiran Karl Marx, yakni base structure yang bersifat material dan diidentifikasisebagai ekonomi, dan  super structure, yang bersifat abstrak, misalnya berupa ideologi.Ideologi yang sesuai dengan kedua pemikiran diatas adalah kapitalisme.Menurut  Marx, kapitalisme berkaitan dengan hubungan pertukaran dan kekuasaan.Sebagai hubungan pertukaran, kapitalisme memandang setiap hal mempunyai harga,sehingga dapat ditukarkan atau dijualbelikan, sementara itu berkaitan denganhubungan kekuasaan, kapitalisme merupakan suatu system yang eksploitatif, dimanayang memiliki kekuasaan ekonomi akan mengeksploitasi dan menghisap kelas yangditindasnya, yaitu kelas pekerja. Tujuan marxisme adalah untuk membongkar praktek kapitalisme yang eksploitatif. Dengan harapan agar bila buruh sadar, dan saatkesadarn itu muncul, maka diikuti perjuangan kelas yang akan memicu class struggle, yaitu buruh memberontak dan menggulingkan para kapitalis, dan bila berhasil, makaakan tercipta masyarakat yang tanpa kelas. Tokoh lain marxisme  adalah Althusser dan Gramsci. Pemikiran Althusser adalah ideological state apparatus dan repressive stateapparatus. Sementara Gramsci mengeluarkan istilah hegemoni, yang dapatmelindungi para kaum kapitalis dari para buruh.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Teruslah hidup demi mencapai suatu tujuan

Teruslah hidup demi mencapai suatu tujuan
 
Support : | Rizal Pribadi |
Proudly powered by Blogger
Jangan Berubah. SINGA PATROMAN -
Template Design by Published by #