Home » Makalah » ESENSI CERITA

ESENSI CERITA

Written By Unknown on Minggu, 05 Mei 2013 | 05.49


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Secara administratif  kewilayahan dan pemerintahan Kota Banjar beium terbilang lama, baru seumur jagung, tetapi dalam peta sejarah kebudayaan Tatar Sunda, kota Banjar telah terbilang lama dikenal dan dikenang orang.
Penulis sendiri dilahirkan ke Buana Panca Tengah, ini di sebuah kota kecil - Banjarsari - yang tidak begitu jauh dari kota Banjar ini.
Pada awal tahuh 50-an , suatu waktu di satu rumah di daerah Cimenyan dekat "pudunan viaduct", saya mendengar seorang sesepuh berbincang dengan ayahanda, tentang "Sarsilah Banjar dan Sungai Citanduy" serta beberapa tempat yang dialirinya. Alur cerita dan beberapa pemaknaannya masih ada yang saya ingat. Pada kesempatan sekarang izinkanlah saya memaparkan sedikit tentang yang dibincangkan sesepuh tadi. Dengan harapan pada akhirnya dari esensi yang terkandung dalam cerita ini berkemungkinan untuk dijadikan acuan dan dikaitkan dengan kegiatan kita pada saat ini yaitu "menata ruang dan lingkungan hidup yang humanis harmonis dan religius".
Menurut kamus Bahasa Kawi-lndonesia, banjar = lingkungan, baris  ber-banjar = berbaris rapih arah ke belakang. Menurut kamus Istilah Karawitan Sunda, banjar = berurutan dengan teratur banjar nada = tinggi-rendahnya nada yang berurutan dengan teratur.
Menurut kamus Basa Sunda, banjar = barang, pakarangan. Dengan memaknai baik secara kosa kata (etimologi) maupun perlambangan (heurmanetika), ternyata kata Banjar mengandung makna yang sangat positif, yaitu "tempat yang lingkungannya tertata rapi dari sejak dayeuh sampai ke pelosoknya".
Maka kini pekerjaan kitalah untuk menata kota Banjar sehingga menjadi lingkungan yang rapi, teratur tidak kumuh dan tidak rujit. Kalau keadaannya tidak demikian, maka namanya bukan Banjar lagi. Bukankah kata para ahli "kalemesan budi" sering berujar bahwa setiap "asma harus terwujud dalam afalnya "dan itu bisa diartikan bahwa sesuatu "nama" harus tampak dalam fungsi dan realitas aktualnya, aplikatifnya.
Banjar Patroman nama lain untuk kota Banjar pada masa yang lampau adalah Banjar Patroman. Menurut kajian etimologi, patroman berasal dari kata pataruman  pa-tarum-an = tarum adalah sejenis pohon perdu yang tumbuh di tepi sungai (Sungai Citarum), daunnya digunakan untuk bahan pencelup kain supaya berwarna biru tua (indigo). Bila diartikan demikian apakah secara fisik di kota Banjar dahulu pernah ada tempat mencelup kain dengan menggunakan daun tarum (Pataruman patroman). Hal ini perlu ditelusuri keberadaannya. Seandainya bisa dikaji oleh para ahli, berkemungkinan nanti di sekitar kota Banjar akan menjadi salah satu sentra "industri kain" dengan warna-warna khas "banjar-patromanan (gradasi warna hijau sampai biru tua, hejo tarum)", bukankah Ciamis/Galuh pernah terkenal dengan batik khas Ciamisan yang pernah berjaya pada masanya. (N.B tentu harus industri yang ramah lingkungan)
Kota Banjar sebagai gerbang tatar sunda. Kota Banjar adalah titik transit lalu lintas dari daerah Jawa Barat ke arah Timur. Sebagai kota transito, tentulah pembangunan yang terencana sangat dalam segala aspeknya menjadi salah satu persyaratan yang perlu diutamakan. Tentang hal ini tentulah Pemda Kota Banjar telah mempunyai cetak biru yang perlu kita dukung bersama, agar "cetak biru" tsb bisa terwujud dengan sempurna. Hal ini perlu sosialisasi yang memadai kepada masyarakat. Sehingga semua warga tahu peran yang harus dilaksanakannya.
Selain dari itu Kota Banjar seibarat "pintu gerbang" Tatar Sunda paling Timur Selatan. Sehingga seyogyanyalah "wajah" kota Banjar mencerminkan karakter masyarakat Sunda yang tertulis dalam setiap logo di setiap kota/kabupaten dan bermuara pada Visi Provinsi Jawa Barat yaitu "dengan Iman dan Takwa menjadi provinsi yang termaju dan terdepan sebagai mitra ibu kota. Sebagai kota transito akan semakin berperan besar bila jalan lintas Selatan telah dibuka. Dan ini akan kita alami dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama lagi.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana memahami secara kosa kata (etimologi) maupun perkembangan (heurmanetika) kata Banjar dari Kota Banjar?
2.      Nama lain dari Kota Banjar pada masa lampau adalah banjar Patroman?
Bagaimana menurut kajian etimologi kata Patroman?
3.      Kota Banjar adalah titik transit lalulintas dari arah Jawa Barat ke arah Timur? Mohon dijelaskan!

C.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah :
1.      Untuk  mengetahui tentang latar belakang sejarah Kota Banjar
2.      Untuk menggambarkan esensi cerita Kota Banjar pamidangan untuk dijadikan acuan dan dikaitkan dengan kegiatan kita pada saat ini yaitu “Menata ruang dan lingkungan hidup yang humanis, harmonis dan religious.

D.    Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah :
1.      Secara Teoritis
a.       Hasil penelitian diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang esensi cerita Banjar Pamidangan
b.      Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi penulis selanjutnya demi tercapainya suatu pengetahuan serta pemahaman dengan bahan studi dengan memperhatikan aspek dan karakteristik permasalahan yang ada, sehingga dihasilkan penambahan nilai estensi suatu ilmu pengetahuan.
2.      Secara praktis
a.       Dapat menambah wawasan dan dijadikan sumber pertimbangan dalam pengembangan pemikiran selanjutnya terhadap esensi cerita Banjar Patroman Pamidangan umumnya oleh semua pihak yang membaca hasil penelitian
b.      Dapat memberikan masukan bagi pemerintah dalam mengkaji esensi yang terkandung dalam cerita Kota Banjar.

E.     Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan dalam penelitian ini, adalah sebagai ikut:
Bab I Pendahuluan : Dalam bab ini membahas tentang Latar Belakang salah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian, dan Sistematika penulisan.
Bab II  Kajian Pustaka : pada bab ini penulis menelusuri tentang esensi cerita Kota Banjar Pamidangan.
Bab III Metodologi Penelitian, terdiri dari : Metode Penelitian yang digunakan, Penentuan Lokasi dan Sasaran Penelitian, Data dan Sumber Data Diperlukan, Teknik Pengumpulan Data, Identitas Nara Sumber, Pengolahan Analisis Data serta Jadwal Penelitian.
Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan, terdiri dari; Gambaran umum objek Penelitian dan Pembahasan.
BAB V Penutup, terdiri dari; Simpulan dan Rekomendasi, Daftar Pustaka. Lampiran I dan II.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Teruslah hidup demi mencapai suatu tujuan

Teruslah hidup demi mencapai suatu tujuan
 
Support : | Rizal Pribadi |
Proudly powered by Blogger
Jangan Berubah. SINGA PATROMAN -
Template Design by Published by #