Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
III / I
|
Waktu
|
:
|
1 x pertemuan (3 x 35 menit)
|
I.
Standar Kompetensi
|
:
|
7. Membiasakan perilaku terpuji
|
II.
Kompetensi Dasar
|
:
|
7.2. Menampifkan perilaku kerja keras
|
III.
Indokator
|
:
|
-
Menjelaskan arti kerja keras
-
Menyebutkan keuntungan bagi orang yang selalu
bekerja keras
-
Menjelaskan kerugian bagi orang yang malas
bekerja
-
Terbiasa bekerja keras dalam mencapai
cita-tita
|
IV.
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Setelah selesai mempalajari
materi ini diharapkan siswa dapat :
-
Terbiasa bekerja keras dalam mencapai
cita-tita
|
V.
Materi Pembelajaran
|
:
|
Sifat Terpuji (Kerja Keras)
Perilaku kerja keras adalah sikap
bersungguh-sungguh penuh semangat untuk meraih keberhasifan. Sabda Rasul yang
artinya: "Berusahalah untuk duniamu seakan-akan kamu akan hidup
selamanya dan berusahalah untuk akhiratmu seakan-akan kamu mati besok"
Manfaat kerja keras antara lain :
1.
Menghindari sifat bosan dalam belajar maupun
bekerja
2.
menikmati hasil dari ketekunan
3.
Menjadi orang yang berhasil dalam meraih
cita-cita
|
VI.
Metode Pembelajaran
|
:
|
Ceramah, Tanya jawab, Pemberian
tugas
|
VII.Langkah-langakah
Pembelajaran
|
||
A.
Kegiatan Awal
|
:
|
-
Guru Mengucapkan salam, basmalah, berdoa dan
absen
-
Mengkondisikan siswa ke arah situasi belajar
yang lebih baik
-
Mengadakan appersepsi
-
Guru menjelaskan secara singkat meteri yang
akan dtajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai
|
B.
Kegiatan Inti
|
:
|
-
Siswa disuruh membaca meteri pembelajaran
tentang sifat kerja keras
-
Melalui tanya jawab mengungkap arti kerja
keras, keuntungan bagi orang yang selalu bekerja keras, kerugian bagi yang
malas dan contoh orang yang sukses dengan bekerja keras
-
Penekanan agar bekerja keras dalam mencapai
cita-cita
|
C.
Kegiatan Akhir
|
:
|
-
Menyimpulkan materi pelajaran
-
Mengadakan evaluasi
-
Guru bersama siswa membaca Hamdalah dan Doa
-
Guru mengucapkan salam
|
VIII.
Alat dan Sumber
|
|
|
a.
Alat Belajar
|
:
|
-
Contoh orang yang kerja keras
|
b.
Sumber Belajar
|
:
|
-
Buku PAI KIs III SD
-
Buku penunjang LKS PAI
|
IX.
Penilaian
1.
Jenis Tes
2.
Bentuk Tes
3.
Soal Tes
|
|
Tulisan
Jawaban singkat
|
LEMBAR PENILAIAN
1.
Soal Tes Pengetahuan
No
|
Butir
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Bobot
Nilai
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Apa arti kerja keras ?
Apa lawan dari kerja keras ?
Apa keuntungan dari kerja keras ?
Apa akibat hidup malas ?
Dalam ha) apa saja kita haws kerja keras
|
1.
Tak mengenal lelah daiajm mencapai cita-cita
2.
lemah/malas
3.
akan cepat sukses / bei hasil
4.
bodoh, miskin, sengsara
5.
dalam mencapai cita-cila, dalam menghadapi
masalah hidup
|
20
20
20
20
20
|
2.
Tes Perbuatan
3.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VI / I
|
Waktu
|
:
|
1 x pertemuan (2 x 35 menit)
|
I.
Standar Kompetensi
|
:
|
8. Menceritakan Kisah kaum Muhajirin dan Anshor
|
II.
Kompetensi Dasar
|
:
|
8.1. Menceritakan perjuangan Kaum Muhajirin
|
III.
Indokator
|
:
|
-
Menceritakan Kisah Muhajirin
-
Menjelaskan pengertian muhajirin
-
Menyebutkan tahun kejadian Hijrah Nabi
-
Menjelaskan sebab-sebab Hijrah
|
IV.
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Setelah selesai mempalajari
materi ini diharapkan siswa dapat :
-
Menceritakan perjuangan kaum muhajirin
|
V.
Materi Pembelajaran
|
:
|
Perjuangan kaum Muhajirin
Kaum muhajirin
adalah kaum muslimin yang bersama Nabi Muhammad SAW pindah dari Kota Mekah ke
Kota Madinah. Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW tersebut dijadikan sebagai
awal perhitungan tahun Hijriah yang terjadi pada tahun ke 13 kerasulan Nabi
Muhammad SAW. Pindahnya orang Mekah ke Madinah dilakukan secara
berangsur-angsur. Satu keluarga atau beberapa keluarga yang akhirnya banyak
keluarga yang pindah meninggalkan harta kekayaannya demi agama islam dan
kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Pindahnya orang Mekah ke Madinah dan
Perjuangan Nabi Muhammad SAW selama 13 tahun menjadi kemarahan kafir Quraisy
sehingga mereka mengadakan kesepakatan menangkap nabi Muhammad SAW hidup atau
mati. Isi kesepakatan tersebut ialah “Barang
siapa yang dapat menangkapnya akan mendapat hadiah 100 ekor unta”
Pindahnya nabi
Muhammad SAW ditemani oleh Abu Bakar Sidik, berkat petolongan dan
perlindungan Allah SWT maka nabi Muhammad SAWselamat dalam perjalanan menuju
Madinah, walaupun orang kafir Quraisy mengejar ingin menangkap nabi Muhammad
SAW akhirnya sampailah nabi ke Kota Madinah dengan selamat dan disambut oleh
orang madinah / kaum ansor.
|
VI.
Metode Pembelajaran
|
:
|
Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
|
VII.Langkah-langakah
Pembelajaran
|
||
A.
Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi
|
:
|
-
Guru Mengucapkan salam, basmalah, berdoa dan
absen
-
Mengkondisikan siswa ke arah situasi belajar
yang lebih baik
-
Menghapal salah satu surat pendek dalam
Al-Qur’an
-
Guru menjelaskan secara singkat materi yang
akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai
|
B.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
b.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
c.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
|
:
:
:
:
|
-
Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan
guru tentang bahan ajar
-
Beberapa siswa membaca kisah hijrahnya nabi
bersama kaum muhajirin
-
Melalui diskusi mengungkap pengertian
muhajirin, penetapan tahun hijriah dan sebab-sebab hijrah
-
Siswa melaporkan hasil diskusinya, kelompok
lain menanggapi hasil kerja kelompok
-
Guru dan siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
|
C.
Kegiatan Akhir
|
:
|
-
Menyimpulkan materi pelajaran
-
Mengadakan evaluasi
-
Guru bersama siswa membaca Hamdalah dan Doa
-
Guru mengucapkan salam
|
VIII.
Alat dan Sumber
|
|
|
a.
Alat Belajar
|
:
|
-
Kisah kaum Muhajirin
|
b.
Sumber Belajar
|
:
|
-
Buku PAI KIs VI SD
-
Buku penunjang LKS PAI
|
IX.
Penilaian
1.
Jenis Tes
2.
Bentuk Tes
3.
Soal Tes
|
|
Tulisan
Jawaban singkat
|
LEMBAR PENILAIAN
1.
Soal Tes Pengetahuan
No
|
Butir
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Bobot
Nilai
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Apa arti kaum muhajirin ?
Sebutkan penyebab nabi hijrah ?
Siapa yang menemani nabi hijrah ?
Apa yang pertama kali dibangun nabi di Madinah ?
Dimana tempat persembunyian nabi sewaktu hijrah ?
Bulan apa dimulainya tahun hijriah?
Kemana hijrahnya?
Apa arti hijrah ?
Siapa yang mengejar nabi ketika hijrah ?
Apa nama kota sebelum Madinah ?
|
1.
Orang Mekah yang ikut pindah bersama nabi
2.
Karena agama islam kurang berkembang
3.
Abu Bakar Sidiq
4.
Membangun masjid
5.
Gua Tsur
6.
Muharram
7.
Madinah
8.
Pindah
9.
Syuroqoh
10. Yasrib
|
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
|
Jumlah Skor
|
100
|
2.
Tes Perbuatan
No
|
Nama
Siswa
|
Menghindari
sifat buruk
|
Nilai
Akhir
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Mengimani sangat baik
|
=
80-90 Nilai A
|
2.
Mengimani baik
|
=
70-79 Nilai B
|
3.
Mengimani kurang baik
|
=
60-69 Nilai C
|
4.
Mengimani Kurang
|
=
50-59 Nilai D
|
5.
Tidak dapat mengimani
|
=
Kurang dari 50 Nilai E
|
3.
Lembar Penugasan
Tulis
ringkas kisah perjuangan kaum muhajirin!
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Drs. ATENG YUSUP
NIP. 197070309
198812 1 001
|
Werasari, 27 Maret
2013
Guru Agama
AEP ARIPIN, S.Pd.I
NIP. 19650209
198610 1 007
|
Diskusikan
1.
Tulis pengertian muhajirin ?
2.
Kapan penetapan tahun Hijriah ?
3.
Tulis sebab-sebab hijrah nabi ?
4.
Kemana hijrah nabi yang petama ?
5.
Apa yang dimaksud dengan bermubaya’ah dalam
aqobah satu ?
Diskusikan
1.
Tulis pengertian muhajirin ?
2.
Kapan penetapan tahun Hijriah ?
3.
Tulis sebab-sebab hijrah nabi ?
4.
Kemana hijrah nabi yang petama ?
5.
Apa yang dimaksud dengan bermubaya’ah dalam
aqobah satu ?
Diskusikan
1.
Tulis pengertian muhajirin ?
2.
Kapan penetapan tahun Hijriah ?
3.
Tulis sebab-sebab hijrah nabi ?
4.
Kemana hijrah nabi yang petama ?
5.
Apa yang dimaksud dengan bermubaya’ah dalam
aqobah satu ?
Diskusikan
1.
Tulis pengertian muhajirin ?
2.
Kapan penetapan tahun Hijriah ?
3.
Tulis sebab-sebab hijrah nabi ?
4.
Kemana hijrah nabi yang petama ?
5.
Apa yang dimaksud dengan bermubaya’ah dalam aqobah
satu ?
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !